15 Juni 2017

Cara Mengatasi Kesalahan Data Terstruktur Post id dan Blog id

Mencoba memperbaiki template blogspot yang mengalami error pada bagian post id. Saya mengalami permasalahan dengan post id karena menggunakan template simple bawaan milik blogger/blogspot. Alasan menggunakan template simple milik blogger karena saya ingin belajar membuat template sendiri dengan dasar bawaan simple blogger. Selain itu saya ingin sedikit demi sedikit mengerti dan memahami letak kode dan kesalahan kode yang ada pada template yang saya gunakan.

Namun terjadi masalah saat saya coba validasi di search.google.com/structured-data/testing-tool beberapa bagian pada post seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Kesalahan Data Terstruktur Post id, Blog id, Image-Url, Publisher

kesalahan pada BlogPost, ini dikarenakan bawaan template simple blogger. Sedikit mengherankan memang. Template ini fasilitas dari blogger namun template simple blogger ini tidak valid dengan alat pemeriksa struktur milik google. Seharusnya google sudah memperbaiki hal ini bila ini sangat berpengaruh pada blog

Yang menjadi pemikiran saya apakah struktur blog ini mempengaruhi indeks dari google? Saya belum menemukan jawaban tentang hal itu. Tapi bila dilogika jika hal ini bermasalah pasti google sudah memberikan sebuah catatan mengenai hal itu. Jadi kemungkinan kesalahan ini pengaruhnya sangat kecil, atau structured data testing tool tidak mengenali lagi meta post yang satu ini.

jika demikian maka solusinya untuk sementara, adalah menghapus kode yang tidak dikenali oleh structured data testing tool ini. jika kita buka lagi maka detail nya akan tampak seperti gambar berikut.

maka langkah yang harus dilakukan adalah menghapus meta blogpost ini (sementara), bila ada hal baru terkait penulisan tag metapost yang benar akan saya update pada artikel ini.

solusi Kesalahan Data Terstruktur Post id

buka html editor di draft blogger lalu temukan kode berikut ini pada html editor. klik ruang kosong html editor --> ctrl + f copy kode di bawah ini dan enter.

<meta expr:content='data:post.id' itemprop='postId'/>
<meta expr:content='data:blog.blogId' itemprop='blogId'/>

tidak usah takut salah untuk menghapus kode tersebut, bila Anda takut salah silahkan copy semua isi ke notepad atau backup dulu versi xml template Anda. hapus semua kode meta di atas yang terdapat pada template Anda.

untuk menemukan gunakan fungsi search dengan menekan ctrl + f ,
seperti gambar berikut;

setelah dihapus silahkan cek kembali apakah masih terdapat kesalahan pada template Anda. cek di search.google.com/structured-data/testing-tool

Saya rasa itu sudah menyelesaikan masalah mengenai kesalahan data terstruktur PostId dan BlogId, semoga bermanfaat.

untuk solusi lain Anda dapat mengunjungi link berikut cara-mengatasi-kesalahan-data-terstruktur

2 komentar:

  1. Kode seperti diatas tidak saya temukan di tema sayaini yang membuat saya tambah bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa menggunakan fungsi ctrl + f dan ketikan seperti contoh yang gambar di atas setelah itu enter untuk menemukan itemprop='blogId dan itemprop='postId' keduanya dihapus saja kak Nurjayanti.

      Hapus